Senin, 20 Juli 2015

FUNGSI DAN KEGUNAAN DARI COREL DRAW DALAM DESAIN

Fungsi dan kegunaan dari corel draw dalam desain dewasa ini sudah sangat meledak. Software yang satu ini bahkan sudah menjadi trend di kalangan pendidikan dalam menjembatani kejuruan di bidang desain grafis dengan bakat sang anak didik di bidang tersebut. Lebih jauh lagi apa sih sebenarnya Corel Draw tersebut dan apa keistimewaannya sehingga banyak sekali instansi pendidikan dan para praktisi desain sering menyebut aplikasi ini? Kali ini akan diberitahukan sedikit keunggulan yang bisa dinikmati pengguna Corel Draw di bandingkan yang lain.

Di dalam dunia Desain sebenarnya secara garis besar terdapat dua objek yang saling berkait, yang satu di sebut Vektor dan yang kedua adalah Bitmap. Objek Vektor dan Objek Bitmap cara membedakannya sangat mudah. Jika vektor setiap node nya bisa dengan mudah di edit dan diolah serta tidak tergantung pada resolusi, sedangkan Objek Bitmap sangat tergantung dengan resolusi. Semakin besar dpi (dot per inch - satuan resolusi) objek tersebut maka semakin bagus pula kualitas gambarnya.

Untuk mengolah atau mengedit Vektor tersebutlah yang kemudian muncul aplikasi seperti Illustrator, Macromedia Freehand dan juga Corel Draw. Corel draw sendiri terbilang cukup sukses dan diterima di masyarakat, hal ini ditandai dengan versi pengembangannya yang saat ini sudah mencapai versi ke X7. Interface-nya yang sederhana dan menarik, peralatannya yang mudah di gunakan serta synchronizing dengan aplikasi desain lain membuat Corel Draw terlihat lebih sering di pakai oleh para desainer professional. Kebanyakan desainer tersebut digunakan sebagai ilustrasi, pembuatan bahan advertising seperti brosur, leaflet, banner dan lain sebagainya.

Salah satu keunggulan lainnya adalah konsistensinya aplikasi ini dalam setiap keluhan yang kemudian menjadi perbaikan di versi terbarunya membuat penikmat desain bisa dengan mudah mengaplikasikan setiap ide yang ada dikepalanya. Bukan berarti artikel ini menjelekkan aplikasi atau software pengolah vektor lain akan tetapi secara pribadi penulis lebih cenderung lebih cepat mengerjakan sebuah proyek desain menggunakan corel draw di bandingkan dengan menggunakan aplikasi lain seperti Freehand ataupun Illustrator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar